BILA OTAK KANAN DAN OTAK
KIRI SEIMBANG
A. KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT
karena atas kehendaknnya dan karunianya saya dapat penyusun atau meringkas buku
yang berjudul Bila Otak Kanan dan Otak kiri seimbang yang berisi tentang teori untuk
menyeimbangkan otak. Dari pembahasan buku ini anda akan diperkenalkan dengan
berbagai teori seputar keseimbangan otak anda termaksud keterkaitan aktivasi
otak tengah dan keseimbangan otak kanan dan kiri pada anda. Saya pribadi mengucapkan
banyak trimah kasih banyak kepada penemu dan pengarang buku ini semoga
informasih buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
BAB 1
PENDAHULUAN
Manusia hidup dengan otaknya karena
otak merupakan pusat dari segalanya, sedikit saja otak manusia mengalami
gangguan manusia tidak bisa lagi hidup
dengan normal. Dalam diri manusia, otak sangat identik dengan berpikir. Pikiran
inilah yang akhirnya menentukan kualitas kehidupan manusia. Jika pemikiran
tersebut berkualitas maka kehidupan manusia pun akan berkualitas. Sebaliknya,
bila otak mengalami gangguan maka kehidupan manusia pun akan buruk.
Otak yang hanya digunakan sebelah saja memang dapat memberikan kekuatan
positif, yang membuat pemiliknya menjadi jenius. Namun, akan lebih jenius lagi
manakalah kedua belahan otaknya , kanan dan kiri, sama-sama dipergunakan.
Mengaktifkan ataupun menyeimbangkan kedua belahan otak anak bukanlah persoalan
yang mudah. Umumnya hanya otak kiri yang aktif secara maksimal, fakta ini
semakin menguatkan ebuah pandangan bahwa untuk menyeimbangkan otak anak
merupakan suatu hal yang sangat sulit. Meskipun demikian, melalui buku ini,
penulis mencoba menawarkan berbagai teori mengenai cara menyeimbangkan otak
anak. Beberapa teori yang ada dalam buku ini tidak dimaksudkan sebagai sesuatu
yang mutlak karena tentu saja masih memerluhkan penelitian yang lebih jauh
lagi.
oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan anak anda memounyai otak yang sama-sama berkembang secara optimal, buku ini sudah bisa dijadikan sebagai panduan keluarga. Tidak ada jaminan 100% bahwa teori ini bernila efektif dalam praktiknya. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menerapkan beberapa teori tersebut dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan anak anda memounyai otak yang sama-sama berkembang secara optimal, buku ini sudah bisa dijadikan sebagai panduan keluarga. Tidak ada jaminan 100% bahwa teori ini bernila efektif dalam praktiknya. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menerapkan beberapa teori tersebut dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
BAB 2
SEKILAR WACANA TENTANG KESEIMBANGAN
OTAK MANUSIA
Otak manusia adalah struktur pusat
pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel
saraf atau neuron. Seorang professor bernama Robert Ornstein dari Universitas
California pernah melakukan penelitian, yang hasilnya mempertegas perbedaan
fungsi dari masing-masing belahan otak manusia. Sebenarnya, belahan otak kanan
dan otak kiri mempunyai fungsi yang sama sekali berbeda. Jadi, antara belahan
otak kanan dan kiri tidak hanya merupakan perbedaan posisi, tetapi juga
nerpengaruh terhadap fungsi-fungsinya.
A.
melirik kemampuan otak kiri dan kanan
Otak kiri berkaitan denga fungsi
akademik yang terdiri atas kemampuan berbicara, mengolah tat bahasa, baca
tulis, daya ingat(nama, waktu, dan peristiwa), logika, angka, analisis, dan
lain-lain. Sementara itu, otak kanan sebagai tempat untuk mengembangkan hal-hal
yang bersifat artistik, kreativitas, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama music,
imajinasi, khayalan, warna, pengenalan diri dan orang lain. Sebagian besar ahli
mengatakan bahwa otak mkiri sebagai pengendali IQ(intelligence quotient)
sedangkan otak kanan memegang pranan penting bagi perkembangan EQ(emotional
quotient) seorang.
Sebelum membahas terlalu jauh, ada baiknya bila anda
berkenalan terlebih dahulu dengan perbedaan fungsi antara kedua belahan otak
manusia. Depoter mengungkapkan bahwa proses berpikir otak kiri bersifat logis,
sekuensial, linear dan rasional. Berdasarkan realitas, otak kiri mampu
melakukan penafsiran abstrak dan simbolis. Cara berpikir otak kiri cocok bagi
tugas-tugas yang teratur, ekspresi verbal, menulis membaca, asosiasi audiotorial, menempatkan
detail dan fakta, fonetik, serta simbolisme. Pada belahan otak kanan, cara
berpikirnya bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan holistic. Cara
berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui sesuatu yang bersifat
nonverbal, seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenan denga
perasaan(merasaka kehadiran suatu benda atau orang, kesadaran spasial,
pengenalan bentuk dan pola, music, seni, kepekaan warna, kreativitas, serta
visualisasi).Adapun daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek(short term
memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam
fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika. Sedangkan daya ingat otak kanan
bersifat jangka panjang(long term memory) jika terjadi kerusakan pada otak
kanan, misalnya mengalami penyakit stroke, atau tumor otak, maka fungsi otak
yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi.
Aktivitas kedua otak saling menyatu dan
membangun. Sebagai contoh, ketika melihat beberapa pohon dengan daun-daun yang
berguguran, tanah yang kering, dan cuaca yang teramat panas, kita akan
menganalisis dan menggeneralisasikan semua hal tersebut dengan dengan belahan
otak kanan. Setelah itu, belaha otak kirilah yang mengkomunikasikannya secara
verbal. Misalnya, ketka kita berkata “dedaunan itu banyak berguguran, tanah
yang disekitarnya kering, dan ternyata sekarang adalah musim kemarau.” Belahan
otak kirilah yang bertanggung jawab terhadap pengolahan bahasa dan mengutarakan
konsep-konsep yang ada dalam persepsi seseorang. Berdasarkan contoh tersebut,
dapat disimpulkan bahwa setiap aktivitas otak yang dilakukan oleh manusia
selalu melibatkan dua fungsi otak, yaitu belahan otak kiri dan kanan. Otakmkiri
berperan dalam aktivitas pemikiran dan persepsi, sedangkan otak kanan berfungsi
memberikan gambaran secara visual.
B. Menyeimbangkan fungsi otak kanan
dan kiri
Sebagaimana yang telah dikemukakan,
kedua belahan otak akan bekerja secara sinergis sehingga keduanya saling melengkapi.
Makanya, kemampuan yang optimal hanya bisa diperoleh dari kerja otak yang
seimbang. Pada dasarnya, tidak seimbangnya kemampuan kedua belahan otak
manusia, dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan-ketimpangan dalam segala hal.
Intinya, semua anak berpotensi menjadi ilmuwan dan seniman hebat apabila mereka
mempunyai keseimbangan otak. Namun, jika salah satu belahan otak kurang
berfungsi kerena mungkin kurang mendapkan pengembangan maka mereka akan gagal.
Hal itu bukan karena mereka tidak memiliki kemampuan, melainkan lantaran
belahan otak tersebut tidak diberi peluang untuk berkembang. Makanya,
berikanlah waktu dan kesempatan kepada anak anda untuk melakukan hobi dan
kegiatan yang disukainya sehingga ia dapat memanfaatkan kedua belahan otaknya
secara seimbang guna menghasilkan kemampuan dan kreativitas yang lebih maksimal
dalam keseimbangan otaknya.
BAB
3
PENTINGNYA
KESEIMBANGAN OTAK BAGI ANAK ANDA
Masih banyak lagi
pengaruh positif pada keseimbangan otak manusia. Namun, tampaknya yang demikian
ini dapat dikerucutkan menjadi dua hal, yaitu kecerdasan dan kesuksesan dimasa
depan. Kedua hal itulah yang mendasari bahwa menyeimbangkan otak anak sangat
penting adanya.
A. meningkatkan kecerdasan
Kecerdasan merupakan istilah umum yang
digunakan untuk menjelasakan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan,
seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak,
memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar. Kecerdasan berkaitan erat
dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang. Kecerdasan dapat diukur
dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut tes IQ.
Sebenaranya ada beberapa cara untuk
mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa berupa
kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, maupun kebijaksanaan. Dalam
praktik yang lebih luas, sebuah sumber menyebutkan bahwa kecerdasab secara umum
dipahami pada dua tingkat. Pertama, kecerdasan sebagai suatu kemampuan dalam
memahami informasih yang membentuk pengetahuan dan kesadaran. Kedua, kecerdasan
sebagai kemampuan untuk memproses informasih, sehingga masalah-masalah yang
kita hadapi dapat dipecahkan(problem solved). Sejauh ini, diketahui bahwa
kecerdasan manusia tidak tumbuh begitu saja, tetapi memiliki berbagai hal yang
memepengaruhinya diantaranya ialah faktor biologis, lingkungan, budaya, bahasa
dan etika. Sesungguhnya kecerdasan anak bisa dilihat dari pemahaman dan
kesadarannya terhadap segala sesuatu yang dialaminya.
Oleh karena itu, Elien menekankan pentingnya
pemahaman, karena pemahaman adalah kombinasi antara upaya memperbanyak masukan
melalui pancaindra dan pengetahuan yang sudah dimiliki. Namun, kecerdasan yang
dimaksud dalam konteks ini adalah kecerdasan secara umum yaitu kecerdasan
intelektual, emosional, dan spiritual.
1. Kecerdasan
Intelektual(IQ)
Kecerdasan intelektual adalah
kemampuan seseorang untuk mengelolah dan berpikir kognitif. Kecerdasan ini
merupakan sebuah kecerdasan yang memberikan kemampuan untuk berhitung,
beranalogi, berimajinasi, serta memiliki daya kreasi dan inovasi. Atau, yang
lebih tepatnya yang diungkapkan oleh para pakar psikologis dengan istilah “what
I think”.
Kecerdasan yang terukur dengan angka-angka
sejak anda dibangku sekolah hingga kuliah ialah kecerdasan intelektual.
Kecerdasan inilah yang merupakan kemampuan yang diolah pada otak sebelah kiri
anda. Kecerdasan tersebut terletak diotak bagian cortex(kulit otak) kecerdasan
ini ditemukan sekitar tahun 1912 oleh William Stern. Seseorang yang kecerdasan
intelektualnya baik maka baginya tidak ada informasih yang sulit, serta
semuanya dapat disimpan dan diolah.
Secara garis besar dapat disimpulkan
bahwa inteligensi adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir
secara rasional. Otak adalah organ luar biasa dalam diri manusia. Beratnya
hanya sekitar 1,5 kg atau kurang lebih 5% dari total berat badan, otak
mengonsumsi lebih dari 30% seluruh cadangan kalori yang tersimpan didalam
tubuh. Otak memiliki 10-15 triliun sel saraf dan masing-masing mempunyai ribuan
sambungan. Kapasitas memori otak hanya digunakan sekitar 4-5%, dan orang jenius
memakainya sekitar 5-6%. Sampai sekarang, para ilmuwan belum memahami
penggunaan sisa memori sekitar 94%. Model kecerdasan IQ banyak diilustrasikan
dengan komputer karena dapat beroperasi dengan cepat, dan hampir tanpa
kesalahan.
2. Kecerdasan
Emosional(EQ(
Kecerdasan emosional adalah kemampuan
seseorang untuk dapat mempengaruhi dan diterima oleh orang lain dengan baik.
Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat dan ketekunan,
kemampuan untuk bermotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi,
kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan
kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak
melumpuhkan kemampuan berpikir, membaca perasaan terdalam orang lain(empati)
dan berdoa, memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya, kemampuan untuk
menyelesaikan konflik, serta memimpin diri dan lingkungan disekitarnya.
Kecerdasan ini lebih dtepat diungkapkan dengan
“what I feel” dan mulai tren pada akhir abad ke-20, kecerdasan ini berada pada
otak belakang manusia. Ada lima unsur yang dapat membangun kecerdasan emosi.
Pertama, memahami emosi-emosi pada diri-sendiri. Kedua, mampu mengelolah
emosi-emosi pada diri-sendiri. Ketiga, memotivasi diri-sendiri. Keempat, bisa
memahami emosi-emosi pada orang lain. Kelima, dapat membina hubungan sosial
yang baik.
Hal-hal spesifik yang perluh dipahami dan dimiliki oleh orang-orang
yang cerdas secara emosi:
a)
Mengatasi
stres
b)
Mengendalikan
dorongan hati
c)
Mengelolah
suasana hati
d)
Memotivasi
diri
e)
Memahami
orang lain
f)
Meningkatkan
kemampuan sosial
ada dasarnya jenis dan sifat emosi
dapat dikelompokan menjadi delapan bagian diantaranya:
·
Amarah,
seperti beringas, mengamuk, benci, marah besar, jengkel, kesal hati, terganggu,
berang, tersinggung, bermusuhan. Dan kebencian yang bersifat patologis.
·
Kesedihan,
seperti pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihani diri-sendiri,
kesepian, ditolak, putus asa dan depresi berat.
·
Rasa
takut, seperti cemas, takut, gugup, khawatir, waswas, perasaan sangat takut,
waspada, tidak tenang, ngeri, kecut, fobia dan panik
·
kenikmatan,
seperti bahagia, gembira, ringan, puas, ringan, senang, terhibur, bangga,
kenikmatan indrawi, takjub, rasa terpesona, rasa puas, rasa terpenuhi,
kegirangan luar biasa, dan batas ujungnya mania.
·
Cinta,
seperti penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat,
bakti, hormat, kasmaran, dan kasih.
·
Terkejut,
sperti terkesima, takjub, dan terpana.
·
Jengkel,
seperti hina, jijik, muak, mual, dan benci.
·
Malu,
seperti rasa salah, malu, kesal hati, sesal, aib, dan hati hancur lebur.
3. Kecerdasan
Spiritual(SQ)
Pertama kali digagas oleh Danar Zohar
dan Ian Marshall, yang berasal dari Harvard University dan Oxford University.
Menurut mereka, kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berperan menghadapi
persoalan makna atau value untuk mendapatkan perilaku dan hidup dalam konteks
makna yang lebih luas dan kaya. Kecerdasan spiritual terletak dalam suatu titik
yang disebut dengan God Spot, dan mulai popular pada awal abad ke-21 yang
kepopulerannya diamngkat oleh Danar Zohar dalam bukunya Spiritual Capital dan
berbagai tulisan seperti The Binding Problem karya Wolf Singer. Menurut para
pakar kecerdasan inilah sebagai penentu kesuksesan seseorang. Kecerdasan ini
juga menjawab dan mengungkapkan tentang jati diri seseorang, yang biasa disebut
dengan istilah “who I am” misalnya menjawab pertanyaan “siapa saya? Dan, untuk
apa saya diciptakan?”.
Kecerdasan spiritual bertujuan menilai bahwa
tindaka atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang
lain. Saat Ini, kalangan ilmuwan semakin sadar betapa pentingnya manusia
kembali berpaling untuk memahami dirinya sendiri lebih mendalam. Sebab, hanya
dengan mengandalkan kecerdasan intelektual manusia tidak akan sampai kemartabat
yang ideal. Atas dasar inilah, Danar Zohar dan Ian Marshall menerbitkan satu
buku yaitu SQ(spiritual Intelligence); The Ultimate Intelligence. Penjelasan
dalam buku tersebut diawali dengan tinjauan secara kritis mengenai
kelemahan-kelemahan dunia barat dalam kurun waktu terakhir ini karena
mengabaikan faktor kecerdasan spiritual. Buku ini juga memberikan apresiasi
yang sangat positif terhadap nilai-nilai humanisme ketimuran yang dianggapnya
lebih konstruktif dari pada nilai-nilai humanisme yang hidup didunia barat.
B. Memberikan kesuksesan
yang lebih besar
Semua orang pasti akan menyatakan
pendapat yang sama jika ditanya tentang visi dam misi tentang masa depan.
Mereka tentu ingin menjadi orang yang sukses dalam segala hal terutama dalam
hal materi. Kesuksesan adalah derajat keberhasilan seseorang dalam pemenuhan
subjektivitas terhadap kebutuhan hidupnya(material maupun spiritual, baik
secara kuantitatif maupun kualitatif).
Sebenarnya kesuksesan yang besar lebih
ditentukan oleh otak kanan. Sebab, otak kanan bisa membuat seseorang menjadi
kreatif. Kreatif adalah kata sifat untuk menunjukkan sesuatu dari tidak ada
menjadi ada, dari bahan menta menjadi bahan jadi, dari sesuatu yang tidak
terbentuk menjadi sesuatu yang indah, bahkan dari sesuatu yang tidak
terpikirkan orang menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. anda bisa
mencermati contoh kreativitas pada Bill Grates yang berkreasi membuat program
computer, dan Ford yang berkreasi membuat mobil. Abraham Lincoln, negarawan
yang berkreasi menciptakan regulasi-regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi
Negara. Tiger Wood berkreasi mencari cara untuk menghasilkan pukulan golf yang
akurat. Steven Spielberg sutradara film yang berkreasi mengasilkan film-film
box office.
Pada umumnya, kesuksesan tetaplah merujuk pada
keberhasilan dalam materi. Daripada mengharapkan kesempurnaan dari orang lain,
lebih baik anda mencerminkan pada keberhasilan yang dicapai oleh orang lain,
dan berikanlah pengakuan yang posotif kepadanya. Percayalah bahwa anda adalah
orang yang sukses dan berhak mendapatkan kesuksesan. Pikiran positif merupakan
senjata ampuh. Bula anda percaya bahwa anda bisa, berarti anda akan
mendapatkan”reward” dari pikiran anda.
C. Melejitkan kemampuan
otak Tengah
Sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak
akhir tahun 2009 hingga awal 2010, ternyata diketahui bahwa otak tengah
mempunyai fungsi yang tidakkalah dahsyat dibandingkan dengan kedua belahan otak
lainnya. Otak tengah dapat memberikan kekuatan-kekuatan yang sungguh
mencengangkan sehingga banyak orang beranggapan bahwa kemampuan yang
diatraksikan oleh otak tengah sebagai suatu hipnotis atau sulap. Otak tengah
berada diantara otak kiri dan kanan, otak tengah dianggap sebagai penetral
hal-hal yang bersifat logis dan abstrak.
Didalam otak terdapat saraf-saraf tertentu.
Para ahli dari berbagai Negara sedang mengembangkan teknik untuk mengaktifkan
saraf pada otak tengah diantaranya dengan menggunakan gelombang suara
menggunakan frekuensi tertentu. Saraf otak tengah yang telah diaktifkan dan
jika bisa bekerja dengan baik maka seseorang dapat “melihat” sesuatu walaupun
matanya dalam keadaan tertutup. Jika terjadi keseimbangan antara otak kanan dan
otak kiri maka otak tengah juga mendapatkan pengaruh positif dari keduanya. Dan
disini otah tengah menjadi terdongkrak atau aktif sehinggah terjadi
keseimbangan diantara ketiganya.
Sesungguhnya otak tengah hanya dapat
diaktifkan sebelum seorang anak berusia 15 tahun, sebab sebelum usia tersebut
usia anak merupakan “usia emas”. Jadi sentuhan-sentuhan yang diberikan
kepadanya cukup berarti. Namun, setelah usia 15 tahun otak tidak bisa
diaktifkan karena masa ini merupakan masa konflik. Masa-masa konflik ini
membuat otak sulit menerima masukan dari luar karena kondisi neuron sudah tidak
efektif lagi.
D. Memaksimalkan
kreativitas
Tidak bisa dipungkiri bahwa keseimabngan yang terjadi antara otak kanan
dan otak kiri juga memberikan dampak positif terhadap kreativitas anak,
kemaksimalan sel-sel otak ini menumbuhkan kreativitas yang tinggi. Sebelum
mengkaji perihal kreativitas lebih mendalam, ada baiknya bila kita mengetahui
pengertian kreativitas yang sebenarnya. Kreativitas adalah bakat yang dimiliki
oleh setiap orang yang dapat dikembangkan dengan pelatihan dan aplikasi yang
tepat. Perbedaan pengertian kreativitas yang dikemukakan oleh banyak ahli
sebagai berikut:
·
Wikipedia
bahasa Indonesia mendefinisikan kreativitas adalah proses mental yang
melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara
gagasan dan konsep yang sudah ada.
·
Lumsdaine,
kreativitas adalah mempergunakan imajinasi dan berbagai kemungkinan yang
diperoleh dari interaksi dengan ida atau gagasan, orang lain, dan lingkungan
untuk membuat koneksi dan hasil yang baru serta bermakna.
·
Mamat
Supriatna, kretaivitas adalah kemampuan cipta, karsa, dan karya seseorang untuk
dapat menciptakan sesuatu yang baru.
Hasil dari kreativitas tersebut
biasanya sama sekali baru dan berbeda dengan konsepsi atau hal-hal yang sudah
ada sehingga hasil kreativitas itu betul-betul memberikan bentuk dan makna yang
baru. Menurut National Advisory Committes UK, kerativitas memiliki empat
karateristik yaitu:
1)
Pertama,
berpikir dan bertindak secara imajinatif.
2) Kedua, seluruh aktivitas imajinatif
itu memiliki tujuan yang jelas.
3) Ketiga, melalui proses tertentu yang
dapat menghasilkan sesuatu yang orisinal.
4) Keempat, hasilnya harus dapat
memberikan nilai tambah.
Berikut
ini adalah cirri-ciri anak yang kreatif:
1)
Kelancaran
berpikir, yang bisa memberikan banyak jawaban terhadap suatu pertanyaan yang
diberikan.
2) Fleksibilitas/keluesan/kelenturan
dalam berpikir, yang mampu memberikan jawaban bervariasi, serta dapat melihat
suatu masalah dalam berbagai sudut tinjauan, yang meliputi kelenturan dalam
struktur kalimat dan kelenturan dalam isi atau gagasan.
3) Orisinalitas/keaslian dalam berpikir, yang
dapat memberikan jawaban-jawaban yang jarang diberikan oleh anak lainnya.
Jawaban anak anda adalah jawaban baru yang biasanya tidak lasim, atau kadang
tak terfikirkan oleh orang lain.
4)
Elaborasi,
yakni kemampuan menggabungkan ataupun memberi gagasan-gagasan atas jawaban yang
dikemukakan anak anda, sehingga ia mampu mengembangkan jawaban, serta
memperkaya jawabannya dengan merinci sampai hal-hal kecil.
Pada dasarnya, kerativitas tidak hanya
terdiri atas aspek kognitif(empat cirri utama anak kreatif) saja, tetapi juga
mengandung adanya sikap-sikap kreatif berikut:
1)
Rasa
ingin tahu yang besar.
2) Tertarik terhadap tugas-tugas baru dan
menganggapnya sebagai tantangan.
3) Senang bereksperimen.
4) Senang berpetualang.
5) Spontan
6) Percaya diri
7) Berani mengambil resiko untuk membuat
kesalahan ataupun dikritik oleh orang lain
8) Tidak Judah putus asa.
9) Senang mencari pengalaman baru atau
hal-hal yang menarik.
10) Berani dan yakin terhadap keputusan
yang ditetapkannya sendiri
11) Tak mudah terpengaruh ataupun
tergoyahkan keyakinannya oleh omongan orang lain
Ternyata ada tujuh hambatan yang
menghalangi seseorang ingin menjadi kreatif. Pertama, rasa takut. Kedua, rasa
puas. Ketiga, rutinitas tinggi. Keempat, kemalasan mental. Kelima, birokrasi.
Keenam, terpaku pada masalah. Ketujuh, strereotyping.
Kreativitas bisa dihubungkan dengan
apa pun, baik seni, bahasa, matematika, maupun lainnya. Kreativitas dapat
dilihat dari segi kognitif(berpikir kreatif), afektif(sikap kreatif) dan
psikomotorik(keterampilan, semisal maupun menggunakan kuas ataupun membentuk
sesuatu). Kreativitas memang mengekspresikan kualitas solusi penyelesaian
masalah. Kunci kreativitas adalah kemampuan menilai permasalahan dari berbagai
sudut pandang sehingga menghadirkan solusi yang lebih baik.
Menurut Need herrmann, pada dasarnya jika anak
melibatkan secara penuh pikiran yang dimilikinya, sehingga ia mampu
membangkitkan ide dan kenyataan tentang sesuatu yang diinginkannya, berarti ia
memfasilitasi berkembangnya kreativitas. Sebenarnya, saat itu ia mendayagunakan
kekuatan pikirannya untuk membayangkan berbagai kemungkinan dalam mencapai
sesuatu yang diinginkan dalam koridor norma-norma yang dapat ditoleransi.
Artinya, seseorang yang kreatif mengetahui sesuatu yang diinginkan dan dapat
menetapkan tujuan berperilaku.
BAB
4
Teknik
Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri
Menyeimbangkan
kedua belahan otak kana dan kiri sangatlah penting untuk mencetak anak yang
berkualitas dan jenius. Jika anak anda berjenis kelamin perempuan maka anda
harus mengetahui bahwa pada umumnya otak sebelah kanan digunakan oleh anak
perempuan. Dipihak lain, otak kiri lebih banyak difungsikan oleh anak
laki-laki. Sering kali, anda menggunakan organ tubuh sebelah kanan ata kiri
saja. Penggunaan organ tubuh sebelah kanan dalam waktu yang lama dapat
menyebabkan otak kiri terbebani. Hal ini dikarenakan sistem kerja otak dan
tubuh anda menyilang. Anak akan menjadi miskin kreativitas bila ia lebih banyak
dirangsang menggunakan belahan otak kirinya. Sebaliknya, jika fungsi belahan
otak kanannya lebih dominan digunakan maka ia akan lambat dalam berpikir logis,
linier, dan teratur, yang juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Seseorang yang memanfaatkan kedua belahan otak kanan dan kirinya secara
seimbang akan sangat mudah belajar, makanya anda perluh melakukan beberapa upaya yang dapat menyeimbangkan
(fungsi) belahan otak kiri dan kanan anda. Berbagai upaya yang bisa anda
lakukan adalah sebagai berikut
A. Mendengarkan Musik
Klasik
1.
Rahasia Musik Klasik
Musik adalah suatu hal yang sangat
dekat dengan manusia. Betapa tidak, diantara kita banyak yang menyukai musik
karena musik dapat merefleksikan perasaan dan membuat kita menjadi senang,
tentram dan nyaman. Memang telah diketahui dalam beberapa penelitian bahwa
musik dapat menyembangkan fungsi otak kanan dan kiri. Sebenarnya, tidak hanya
mendengarkan music yang membuat keseimbangan otak, memainkannya pun mempunyai
manfaat yang sama.
Lebih dari itu music juga dapat
membantu mengembangkan kemampuan anak dalam memahami konstruksi objek dua dan
tiga dimensi. Music juga meningkatkan kreativitas anak. Menurut Muhamad Taufik,
ibaratnya kaset, otak anak adalah sebuah kaset kosong. Jika kaset itu digunakan
untuk merekam harmonisasi yang ada didalam music maka otak tersebut akan
menyimpan harmoni itu, kemudian dijadikan sebagai stimulan bagi perkembangan
sel-sel saraf. Jadi anak yang terbiasa mendengarkan atau bermain music memiliki
daya imajinasi, serta daya kretivitas yanh tinggi.
Selain itu music juga dapat meluluhkan
kekerasan. Anak yang nakal biasanya akan menjadi jinak setelah diajari
menyanyi. Music pun bisa merangsang pikiran, memperbaiki konsentrasi dan
ingatan serta membangun kecerdasan emosional.
Sayangnya pendidikan formal
diindonesia kurang menenkankan keseimbangan antara aspek intelektual dan emosi,
buktinya tawuran pelajar sering kali terjadi, dan siswa SD kerab terbebani oleh
padatnya mata pelajaran, sehingga sekolah justru mengurangi keceriaan masa kecil
anak.
Walaupun demikian, yang anda perluh ketahui
bahwa tidak semua jenis music dapat menyeimbangkan otak anak. Music klasiklah
yang mempunyai manfaat demikian. Music kalsik merupakan istilah luas yang
biasanya memacu pada music yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian
barat, music kristiani, dan music orchestra yang mencangkup periode dari
sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.sebuah sumber menjelaskan bahwa music era
klasik terletak dari tahun 1750 hingga tahun 1820. Era music kalsik terletak
diantara era baroque dan era romantic. Banyak sekali komposer terhebat yang
pernah ada didunia music pada era klasik. Misalnya, Joseph Haydn, Wolfgang
Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven, Luigi Boccherini, Muzio Clementi, Carl
Phillipp Emanuel Bach, Johann Ladislaus Dussek, dan Cristoph Willibald Gluck.
Karateristik music pada era klasik adalah homophonic yang melodinya diatas
iringan chord. Music pada era ini juga terkenal sangat indah dan elegan. Bila
dibandingkan dengan music era baroque, music era klasik lebih ringan, lebih
mudah, dan tidak membingungkan serta mempunyai tekstur yang lebih jelas, melodi
yang dimainka pada era ini biasanya lebih pendek, piano pun dimainkan dengan
albarti bass. Hal terbaik dari music kalsi adalah music ini menjadi elemen
dasar dari semua music pada era selanjutnya. Bahkan ada sebuah ungkapan bahwa
music kalsik tidak akan pernah mati. Jatuhnya era music klasik ditandai dengan
jatuhnya generasi Vienna yang mulai ditinggalkan oleh komposer ternama pada
masa itu.
2.
Manfaat-manfaat Musik Klasik lainnya
Berikut
ini adalah beberapa manfaat lain dari msuik kalsik:
a. music klasik membuat tindak
perampokan menurun hingga 33%
pada tahun 2004, di London, Inggris,
polisi transportasi ingris memutar music klasik di stasiun London dan beberapa
daerah pemukiman paling berbahaya. Setelah memperdengarkan music klasik selama
enam bulan, terjadilah bebrapa hal berikut:
1) Perampokan
menurun sebesar 33%
2)
Penyerangan staf menurun sebesar 25%
3)
Vandalisme turun 37%
Pada tahun 2001, polisi di West Palm
Beach, Florida memasang CD player dan speaker pada sebuah bangunan dalam
lingkungan yang penuh dengan kejahatan. Setelah memainkan music klasik,
terutama Mozart, Bach, dan Beethoven, 24 jam sehari selama sekitar tiga bulan,
ternyata penembakan, pencurian, gelandangan dan transaksi obat menurun.
b. Musik klasik membuat pengacau bubar
sebuah jaringan supermarket diingris
juga menggunakan music klsik untuk menghentikan kelompok pemuda yang berkumpul
diluar supermarket.
c. music
klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur
sewaktu mendengar music klasik, anda
dapat mengamati ekspresi wajah bayi yang tidak lagi terlihat menderita, serta
detak jantungnya pun berjalan normal. Imu pengetahuan barat meneliti hubungan
aneka music dengan factor kesehatan, mereka sudah mendapat bahwa music klasik
adalah obat mujarab bagi penyembuhan badan dan kepedihan jiwa, serta dapat
meningkatkan kebijakan jiwa. Terapi music sejak 40 tahun lebih ini dipergunakan
diberbagai lingkup pengobatan klinis.
d. music
kalsik mempercepat pertumbuhan janin
hasil penelitian menerangkan bahwa
jabang bayi yang diperdengarkan msuik dari Mozart dan Bach akan mempunyai
volume otak yang semakin besar, hal tersebut juga akan menambah kegiatan utama
urat saraf, serta membantu daya berimajinasi abstrak dari pertumbuhan normal
anak. Sebuah hasil penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan rangsangan suara
secara berkala terhadap janin, misalnya music klasik yang ringan dan lembut,
serta bisikan orang tua secara perlahan kepada janin, bisa mengembangkan saraf
perasa janin dan pertumbuhan lapisan kulit otak besar, serta meletakkan fondasi
bagi pengembangkan kebijaksaan janin kelak.
e. music
klasik bisa meningkatkan produksi susu sapi
seorang psikiater di Universitas
Inggris menemukan bahwa memperdengarkan music klasik ringan kepada sapi perah
dapat membantu meningkatkan produksi susu. Ia mengatakann bahwa music yang
nyaman dan ringan tersebut bisa meningkatkan produk susu lantaran music itu
mampu mengurangi stres pada sapi perah.
f. music
klasik mempercepat pertumbuhan tanaman
suatu kali pernah dilakukan eksperimen
seperti ini, beberpa factor yang mungkin bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman,
misalnya temperatur, kelembapan, pencahayaan dan lain-lain. Ditempatkan dalam
lima buah kamar yang diatur sesuai dengan kondisi yang sama. Kemudian, disetiap
kamar ditempatkan tanaman yang mengandung kadar air dan tingkat kesuburan tanah
yang sama. Satu-satunya yang berbeda ialah didalam lima kamar tersebut diputar
music yang berbeda dan kamar terkahir sama sekali tidak diperdengarkan music.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman didalam kamar bermusik
klasik sangatlah baik.
g. music
klasik bisa meningkatkan penjualan makanan dan minuman
suatu penelitian disebuah Universitas
di inggris menunjukkan bahwa music dapat mempengaruhi kegemaran orang terhadap
makanan, jika di ruang makan diputarkan music kalsik maka pelanggan bisa
membeli lbih banyak. Sebaliknya, bila diputarkan music pop atau tanpa
music maka konsumsi pelanggan jelas
berkurang.
B. Senam Otak(Brain Gym)
Pada umumnya, orang yang menggunakan tangan
kanan sebenarnya ia mengaktifkan fungsi belahan otak kiri(berhubunagn dengan
bahasa), yang akan dibarengi oleh aktivitas tubuh bagian kanan , ketika belahan
otak kanan berfungsi(berhubungan dengan gambar atau tugas-tugas yang
berhubungan dengan ruang), maka akan dibarengi oleh aktivitas tubuh bagian
kiri.
Senam otak adalah latihan yang terangkai atas
gerakan-gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Pada awalnya, senam otak
sudah dikenal sejak tahun 1980-an, tetapi saat itu masih terbatas bagi orang
dewasa saja. Namun, sejak tahun 2000-an lebih dikembangkan untuk membantu meningkatkan
kecerdasan anak yang bersekolah ataupun bayi. Untuk pertama kalinya, senam otak
dikembangkan oleh Dr. Dennison dan istrinya setelah melewati masa riset selam
hampir 19 tahun. Pada waktu itu, diketahui bahwa terdapat keterkaitan antara
perkembangan tubuh, bahasa, dan prestasi akademik. Kemudian, mereka
mengembangkan serangkaian gerakan yang dinamakan brain gym, dan akhirnya
berhasil mengubah kesulitan belajar menjadi sebuah keberhasilan yang luar
biasa.
Senam otak bisa juga dilakukan oleh ibu hamil dan
bayi. Senam otak akan memfasilitaskan agar beban otak kanan dan kiri seimbang.
Sebab, senam otak dapat mengaktifkan motorik, seperti kemampuan menggunakan
tangan kiri dan kanan, serta kaki kiri dan kanan. Contohnya menyusun balok,
puzzle, berhitung, mengelompokkan benda, serta berhitung. Sebuah referensi
menjelaskan bahwa senam otak memang bertujuan mengaktifkan potensi belahan otak(hemisfer)
kanan dan kiri, sehingga akhirnya terjadi integrasi atau kerja sama diantara
keduanya.
Secara garis besar, hemisferkiri digunakan
untuk berpikir logis dan rasional, menganalisis, bicara, serta berorientasi
pada waktu dan dan hal-hal yang terinci. Sementara itu, hemisfer kanan
digunakan untuk hal-hal yang intuitif, merasakan sesuatu, bermusik, menari,
seni yang kreatif, dan lain sebagainya. Selain itu, hemisfer kiri akan mengatur
badan, mata, dan telinga kanan, sedangkan hemisfer kanan akan mengontrol badan,
mata, dan telinga kiri.
1,
manfaat lain dari senam otak
Berikut
ini manfaat senam otak:
a)
Terhindar
dari rasa stress
b) Merasa lebih awet muda
c) Dapat menyikapi permasalahan denagn
lebih tenang
d) Bugar, sehat dan fit
e) Menundah kedantangan menopause
f) Sarana untuk mencegah dan memudahkan
penyembuhan terhadap penyakit
Gerakan
senam otak dapat dilakukan sebagai berikut:
a)
Minum
air putih secukupnya
b) Melakukan pernapasan perut(menghirup
udara dan mengeluarkannya kembali sebanyak 4-8 kali)
c) Melihat kekanan dan kekiri selama 4-8
kali dengan melalkukan pernapasan perut
d) Bersantai selama 4-8 kali saat
melakukan pernapasan perut
e) Meletakkan kaki secara rata diatas
lantai. Ujung-ujung jari tangan dan kaki saling bersentuhan selama 4-8 kali
saat melakukan pernapasan perut
f) Merentangkan kedua tangan seluas
mungkin dan senyaman mungkin.
g) Menyentuh titik-titik dibagian kepala
bagian kiri dan kanan selama 4-8 kali
h) Menyilangkan kaki secara bergantian
sebanyak 10-25 kali.
2. Tiga
dimensi senam otak
Sebagaimana yang telah dikemukakan
oleh Paul Dennison, otak terbagi ,menjadi tiga fungsi utama yaitu.
a.
dimensi lateral
Dimensi lateral koordinasi antara
hemisfer kanan dan kiri yang berguna untuk membangun atau mengemnbangkan
komunikasi dengan lebih efektif.
Bila kerja sama antara otak kiri dan kanan
kurang baik maka akan sulit membedakan antara kiri dan kanan, gerakannya kaku,
tulisan tangannya jelek, cenderung
menulis huruf terbalik, sulit membaca dan menulis, mengikuti sesuatu dengan
mata, sulit menggerakan mata tanpa mengikutinya dengan gerakan kepala, tangan
miring kedalam ketika menulis, cenderung melihat kebawah sambil berpikir,
keliru membedakan huruf-huruf(seperti d dan b, p, dan q) serta menyebut kata
sambil menulis.
Beberapa gerakan dalam dimensi ini adalah 8 tidur,
gajah, dan sebagainya, manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah
mengaktifkan kerja sama kedua belahan otak, meningkatkan kemampuan penglihatan,
membedakan dan menghafal symbol, serta menghilangkan kekeliruan dalam
membedakan huruf. Posisi gajah, kegitan tersebut berguna mengaktifkan telinga
bagian dalam yang berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh, mengkoordinasikan otak
untuk mengaktifkan kediua telinga dan mata, maka mengundurkan otot tengkuk,
serta meningkatkan daya ingat dan koordinasi tubuh bagian atas dan bawah.
b. Dimensi
pemusatan
pemusatan adalah kemampuan untuk menyeberang
garis pemoisah antara tubuh bagian bawah dan atas. Ciri khas yang tampak jika
otak bagian atas dan bawah kurang bekerja sama adalah bila bagian atas
terhambat. Misalnya, anak bicara dan bertindak pelan, kurang fleksibel, sulit
melompat, kurang berkonsentrasi, kurang terorganisasi, penakut, kurang percaya
diri, ragu-ragu, serta sulit menjalin hubungan sosial, terutama disekolah. Bila
bagian bawah yang menghambat maka menyebabkan cepat hilang keseimbangan,
mengabaikan perasaan atau menilainya negative, bicara dan bertindak terlalu
cepat.
c. Dimensi
pemfokusan
pemfokusan adalah kemampuan untuk menyeberang “garis tengah keterlibatan” yang
memisahkan otak bagian belakang dan depan. Informasih akan diterima oleh otak
bagian belakang yang merekam semua pengalaman, lalu informasi diproses kebagian
depan untuk mengekspresikannya sesuai dengan tuntutan dan keinginannya.
Ciri khas yang tampak jika otak bagian depan
dan kurang bekerja sama adalah otot tengkuk dan bahu tegang, kurang bersemangat
dalam belajar, serta reaksi pelan. Adapun hambatan otak bagian belakang berupa
anak terlalu aktif, konsentrasi dan analisis anak adalam rentang yang terlalu
pendek, terlalu terinci, kurang fleksibel, kadang-kadang agresif, kurang
rileks, ataupun kurang istirahat untuk memikirkan sesuatu yang lebih luas.
Hambatan otak bagian depan berupa anak pasif, melamun, bila stres bingung,
kurang aktif, serta kemampuan untuk memperhatikan tidaklah baik. Contoh gerakan
dalam dimensi ini adalah gerakan burung hantu, manfaatnya dalah
mengkoordinasikan pendengaran, penglihatan, dan gerakan tubuh, serta
meningkatkan konsentrasi dan lain sebagainya.
3.
Gerakan Brain Games dan manfaatnya
a.
gerakan sakelar otak
sekelar otak(jaringan lunak dibawah
tulang selangka dikiri dan kanan tulang dada) dipijit selama 20-30 detik dengan
satu tangan. Kegunaannya adalah mengoptimalkan keterampilan motorik halus,
memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stress visual, serta
relaksasi tengkuk dan bahu.
b.
Gerakan silang
gerakan ini mengaktifkan gerakan mata
dari kiri ke kanan, serta meningkatkan harmonisasi penglihatan. Kegunaannya
adalah mengoptimalkan pekerjaan menulis, mendengar, membaca, dan memahami,
serta memperbaiki pernapasan, pendengaran, dan penglihatan.
c.
Tombol Bumi
ujung salah satu tangan menyentuh
bawah bibir, sedangkan ujung jari lainnya dipinggir atas tulang kemaluan.
Kegunaannya adalah mengurangi kelelahan mental(stress) serta mengoptimalkan
jenis pekerjaan.
d.
Tombol imbang
kegunaannya adalah mengertim konsep
yang tersirat, mengkritisi, mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan ditelinga
karena perubahan ketinggian, mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan, serta
saat memakai telepon atau computer.
e. kait
rileks
kegunaannya adalah mendengar aktif,
berbicara lugas, menghadapi tes, bekerja dengan papan ketik, serta pengendalian
diri dan keseimbangan.
C. Belajar dengan baik
1.
misteri dibalik belajar anak
Belajar merupakan perubahan yang
relative permanen dalam perilaku, atau potensi perilaku sebagai hasil dari
pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar sebagai akibat adanya interaksi
antara stimulus dan respons. Stimulus adalah apa pun yang diberikan oleh guru
kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap
stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Perubahan akibat belajar tidak
harus langsung mengikuti pengalaman
belajar. Perubahan yang segera terjadi umumnya tidak dalam bentuk
perilaku, tetapi hanya dalam potensi seseorang untuk berperilaku. Terjadinya
perubahan karena adanya suatu pengalaman atau latihan.
2. contoh
belajar yang dapat menyeimbangkan otak anak
a)
Belajar
membaca
b) Memanfaatkan imajinasi ketika membaca
c) Teknik membaca ka-ki Quantum Learning
d) Membaca dengan menggunakan peta
pikiran Toni Buzan
D.Permainan
Tidak
bisa dipungkiri bahwa masa kanak-kanak adalah masa bermain. Permainan bagi
anak adalah suatu aktivitas yang sangat
disukai, dan itu memberikan dukungan yang sangat baik dalam memahami pelajaran.
Malalui permainan, anak akan mengalami rasa bahagia. Melalui permainan, anak
akan mengalami rasa bahagia. Melalui perasaan sukacita saraf/ neuron diotak
anak saling berkoneksi secara cepat guna membentuk suatu memori baru.
Dengan
bermain anak akan mengasah kekuatan dan keterampilan fisiknya seperti
mengembangkan kepekaan penginderaan, menguasai keterampilan motorik kasar dan
halus. Serta menyalurkan enerhi fisik yang terpendam. Dengan bermain, anak juga
akan bertumbuh menjadi orang dewasa yang utuh, sehat jiwa, dan bahagia. Tanpa
unsur bermain yang menyenangkan dan bergerak, ia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang kurang tegas,
stress, dan neorik. Sementara itu pada level ekstrem ketegangan dan stress bisa
memicu gangguan-gangguan termasuk gangguan jiwa.
Terkait
dengan itu, perluh diketaui bahwa permainan didalam computer juga mengandung
dampak positif. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game
mengurangi stress, mengembalikan mood para pemainnya serta menyeimbangkan
aktivitas otak kiri dan kanan pada lapisan otak luar bagian depan. Kondisi tersebut tentu
berkebalikan dengan hal-hal yang anda dengar sebelumnya mengenai resiko bermain
game dalam computer, mulai dari kelelahan mata hingga kecanduan, namun, ada
bukti yang berkembang bahwa jenis game yang tepat justru dapat menguntungkan
pikiran maupun tubuh. Hasil studi yang membandingkan antara seorang penggila
video game denagn orang yang tidak suka bermain game menunjukkan bahwa pemain
game memiliki visi yang lebih tajam dan kemampuan untuk mengubah tugas-tugas
mental yang lebih cepat.
Sebagai catatan diakhir pembahasan tentang
kedua belahan otak ialah anda harus memunculkan keadaan yang rileks. Kondisi
rileks akan membuat hubungan antara kedua belahan otak menjadi cepat
berlangsung. Saat logika proses mengalami kemandekatan, maka relaksasi dari
sebuah kerja yang serius pun diperluhkan.
BAB
5
Tingkatkan
Keseimbangan otak anak anda dengan aktivasi otak tengah
Keseimbangan
otak kanan dan kiri bisa melejitkan kemampuan otak tengah. Sebaliknya, otak
tengah yang berkembang denagn optimal akan meningkatkan keseimbangan dan
perkembangan kedua belahan otak kanan dan kiri. Kondisi tersebut menunjukkan
bahwa sistem dalam tubuh memang bekerja secara sistematis, yang menerangkan
bahwa kerja antarsistem saling mempengaruhi.
Menurut Tan Shot Yen, pembahasan yang terpisah
terhadap sistem organ tubuh telah menyebabkan manusia menjadi objek dari praktik-praktik bahan kimia dalam suatu
pengobatan, yang sebenarnya sangat berbahaya bagi organ tubuh lainnya. Apalagi
hal ini merupakan tindakan pengobatan yang tidak bisa memberikan kesembuhan
kepadanya, kecuali penderitaan yang berkepanjangan.
A. Fenomena aktivitas
otak tengah
Training
aktivitas otak tengah adalah sebagai usaha untuk mengaktifkan otak tengah yang
dikhususkan pada anak-anak diatas usia 5 tahun dan dibawah 15 tahun. Pada
faktanya, aktivasi otak tengah memberikan manfaat yang luar biasa bagi kecerdasan
anak. Sehingga, banyak orang merasa ingin tahu dan gelisah terhadap fenomena
yang sangat menarik tersebut. Aktivitas
otak tengah ini diadakan oleh GMC, dan ini semakin memperkuat dan memperjaya
eksistensi GMC diindonesia sehingga perwakilan GMC dapat dibangun dihampir
setiap kota diindonesia.
1.
aktivasi otak tengah sebagai penemuan baru, benarkah?
Menurut sebagian orang, aktivasi otak
tengah adalah suatu penemuan baru yang sangat fenomena dalam pendidikan anak.
Sebab, sejauh ini para pakar hanya mengenal otak manusia dalam dua bagian yaitu
otak kanan dan kiri yang berfungsi dan bertanggung jawab terhadap kecerdasan manusia.
Sebenarnya teori penggunaan otak tengah telah
banyak dilakukan dinegara-negara asia, terutama jepang. Penemuan jepang tentang
aktivasi otak tengah tersebut hanya dikhususkan bagi kalangan terbatas sehingga
fenomena aktivasi otak tengah semakin tenggelam, sedangkan dinegara-negara
lainnya terus sibuk melakukan penelitian dengan hasil yang selalu nihil.
Berkat Malaysia, kita dapat mengenal aktivasi
otak tengah, meskipun sudah tertinggal jauh darinya kira-kira 6 tahunan yang
lalu Malaysia telah menemukan dan mempraktikannya sedangkan Indonesia mempraktikannya
pada tahun 2009. Sebenarnya fenomena otak tengah bukanlah suatu hal yang baru,
jauh sebelum barat atau mungkin jepang mengenalnya masyarakat timur sudah
mengenalnya terlebih dahulu. Hanya saja, sewaktu itu fenomena otak tengah yang
terdapat dimasyarakat timur tidak dipublikasikan karena belum bisa diuraikan
secara ilmiah.
Anda pernah mengetahui berbagai kisah
orang-orang zaman dahulu yang sudah dapat memprediksi nasib mereka, selain itu
diantara mereka ada juga yang mempunyai keahlian-keahlian lainnya seperti bisa
mematahkan tiang dan merobohkan tembok dengan tatapan muka, menggunting gambar
buah pada kertas dengan mata tertutup, atau kemampuan-kemampuan lainnya yang
bersumber dari otak tengah.
Penemuan aktivasi otak tengah sudah
lama ada didunia timur, bahkan telah ada sejak ratusan tahun silam. Makanya,
sesuatu yang ditemukan dan sedang dikembangkan oleh jepang an Malaysia hanyalah
pengembangan dari keilmuan yang sudah ada pada masa lampau. Pada masa lampau,
dalam tradisi dunia timur otak tengah bisa diaktifkan dengan cara perkembangan,
sedangkan GMC memakai alat teknologi.
Dengan melihat fakta dari dua proses yang
berbeda ini,sudah jelas bahwa cara aktivasi dan fenomenanya lebih unggul GMC.
Otak tengah yang aktif baik secara alamiah maupun aktivasi menyebabkan
pemiliknya mempunyai kemampuan-kemampuan yang mirip dengan kekuatan
supranatural ataupun hipnotis. Namun, perluh diketahui bahwa hal itu sama
sekali bukanlah suatu hipnotis maupun kekuatan-kekuatan magis dan lain
sejenisnya tetapi bisa dibuktikan dan diuraikan secara ilmiah.
Oleh karena itu, setelah diaktivasi anak-anak
yang bisa berjalan dengan mata tertutup(blind fold) maupun yang mampu
memprediksi masa depan bukanlah anak-anak yang mempunyai keramah. Kenyataannya
mereka sama saja dengan anak-anak yang lain. Namun, karena semua saraf otak
mereka berfungsi secara maksimal , dengan adanya proses aktivasi kekuatan otak
tengah menjadi ”hidup” dan berfungsi secara optimal.
2. Otak yang diaktivasi memancarkan gelombang
otak mirip radar
Bukan hanya saraf-saraf otak secara
tunggal yang bekerja secara menakjubkan. Kulit pun akan menjadi peka sehingga
mengetahui pola dan warna bola beserta angka melalui indra peraba atau dengan
penglihatan kulit(skin vision).
Pada tingkatan yang lebih jauh seorang anak
diharapkan dapat melihat dengan tembus pandang terhadap benda-benda yang ada
dibalik tembok atau didalam kotak. Bahkan ia mampu membaca berbagai hal semacam
buku atau dokumen-dokumen dalam keadaan mata tertutup. Kenapa hal demikian bisa
terjadi? Ini dikarenakan pada otak tengah anak yang telah diaktivasi dapat
memancarkan gelombang otak yang mirip radar. Pada dasarnya, gelombang tersebut
terletak dibawah hidung. Gelombang ini hanya mampu mendeteksi benda yang
terletak sedikit dibawah hidung.
Berikut ini adalah empat jenis gelombang otak
yang da didalam tengkorak kepala manusia:
a.
Beta
(14-30 Hz)
Beta
(14-30 Hz) berkaitan dengan konsentrasi, gairah, kewaspadaan, dan tingkat
kognisi yang lebih tinggi, yang berhubungan dengan kecemasan, kegelisahan,
perasaan, dan emosi marah.
b. Alpha (8-13,9 Hz)
Alpha
(8-13,9 Hz) berhubungan dengan relaxation, super, fokus rilexs, transringan,
peningkatan produksi serotonin, mengantuk, meditasi, serta awal mengakses
pikiran bawah sadar.
c. Theta (4-7,9 Hz)
Theta
(4-7,9 Hz) berhubungan dengan peningkatan produksi katekolamin(penting bagi
pembelajaran dan ingatan), meningkatan kreativitas, pengalaman emosional,
potensi perubahan perilaku, serta meningkatkan referensi bahan belajar,
meditasi mendalam, akses pikiran bawah sadar(trance)
d. Delta (0,1-3,9 Hz)
Delta
(0,1-3,9 Hz) berhubungan dengan pertumbuhan hormon manusia, kehilangan
kesadaran tubuh, serta akses kealam bawah sadar dan “kolektif bawah sadar”
pikiran(mimpi)
Aktivasi otak tengah menggunakan
komputer yang secara langsung disalurkan dengan gelombang otak. Dan gelombang
otak yang banyak dipergunakan adalah gelombang otak alpha. Gelombang otak alpha dibuktikan secara ilmiah
adalah gelombang otak yang muncul dominan saat kita bangun tidur, dalam keadaan
rileks ditoilet atau bahkan sedang berendam dalam air panas di bathbut.
Makanya, tidaklah heran bila Archimedes berhasil menemukan hukum Archimedes
saat ia mandi. Berdasarkan penelitian ilmiah, otak tengah pada manusia
memang mampu memancarkan dan menangkap
gelombang. Anda tentu mengetahui anjing pelajak, bukan? Seperti itulah
ilustrasi dari manusia yang otak tengahnya aktif.
B. Aktivasi Otak Tengah
Dengan Meningkatkan Keseimbangan Otak kanan dan kiri
Otak
tengah adalah jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri
dan kanan. Ketika otak tengah diaktifkan, anak akan memiliki akses yang mudah
baik otak kiri maupun kanan. Dengan akses yang mudah ini, anak akan belajar
membaca dan menghafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih tinggi. Dengan
demikian itu akan meningktkan keyakinan, minat, dan konsentrasi anak dalam
belajar.
Selain
itu, pada umumnya setelah otak tengah(midbrain) diaktifkan, daya ingat anak
semakin meningkat, daya konsentrasi membaik, daya kreasi bertambah, gerakan
kinetic meningkat, hormon seimbang, serta emosi menjadi stabil. Aktivasi ini
sangat jelas terlihat hasilnya bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya
ingat yang lemah. Dan terbukti sejak diadakannya training aktivasi otak tengah
ribuan anak menjadi jenius.
C. Beberapa Manfaat Lain
dari Aktivasi Otak Tengah
Beberapa
manfaat tersebut dirumuskan oleh Hartono Sangkanparan sebagai berikut:
1.
Meningkatkan
kemampuan mengasihi orang lain
Salah
satu fungsi otak tengah adalah mengatur hormon, dan area yang mendapatkan
pengaruh cukup besar adalah emosi. Seseorang yang otak tengahnya telah
diaktifkan mempunyai keseimbangan emosi yang sangat baik dan mampu mengontrol
emosinya dengan lebih baik.
2. Meningkatkan daya ingat
Meningkatkan
daya ingat dapat membuat seseorang mampu belajar banyak dalam tempo yang lebih
singkat. Jika ia belajar dalam waktu yang sama bersama orang lain maka ia akan
memperoleh lebih banyak hasil belajar. Peningkatan daya ingat ini berhubungan
langsung dengan semakin meluasnya jaringan pada sel otaknya.
3. Meningkatkan kemampuan inovasi dan
kreativitas
Inovatif
adalah mampu menemukan dan menciptakan hal-hal baru. Kemampuan inovatif dan
kreativitas yang tinggi dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk/sesuatu
yang baru dan mencari alternatif pemecahan masalah yang baru.
4. Meningkatkan konsentrasi
Meningkatkan
konsentrasi bisa meningkatkan daya tangkap seseorang. Setelah otak tengahnya
teraktivasi, ia mampu memahami hal-hal yang rumit dengan lebih baik dan lebih
mudah mengerti atau memahami sesuatu.
5. Meningkatkan kemampuan fisik dalam
berolahraga
Otak
tengah adalah bagian otak yang mengatur gerakan tubuh. Banyak anak merasakan
peningkatan dalam pengontrolan gerakan tubuh setelah otak tengah mereka
diaktivasi, terutama ketikan berolahraga
yang membutuhkan ketelitian tinggi. Manfaatnya bukan hanya dirasakan
oleh mereka yang senang berolahraga, tetapi juga oleh mereka yang senang dengan
tarian dan gerakan tubuh lainnya. Gerakan yang banyak membutuhkan koordinasi
mata dengan bagian tubuh yang lain akan banyak sekali ditingkatkan dengan
aktifnya otak tengah mereka.
6. Meningkatkan keseimbangan hormon
Otak
tengah yang telah aktif membuat hormon-hormon ini menjadi seimbang dan
berfungsi secara harmonis. Dan, itulah yang membuat seseorang bisa menjadi
lebih sehat dengan otak tengah yang aktif.
7. Meningkatkan daya intuisi
Intuisi
adalah kemampuan untuk mendapatkan pengetahuan tanpa masukan atau menggunakan
alasan apapun. Otak kananlah yang sering kali dianggap sebagi bagian otak yang
bertanggung jawab atas munculnya intuisi dikepala kita. Terkait itu, otak
tengah dapat menggabungkan kemampuan logis otak kiri dan kemampuan intuisi otak
kanan menjadi suatu intuisi yang sangat tepat.
8. Meminimalkan masalah mental
Setelah
otak tengah teraktivasi, masalah mental dapat diminimalkan. Oleh sebab itu,
seorang anak yang hiperaktif dapat duduk dengan tenang, serta anak yang terlalu
diam menjadi lebih aktif, karena mereka telah memiliki otak tengah yang
dominan. Sebenarnya, hanya orang yang dominan otak tengahnya sajalah yang dapat
mengontrol otak kanan dan kiri sekaligus.
Pada
umumnya, masyrakat Indonesia disominasi oleh otak kiri makanya mereka penuh
perhitungan dan sering kali muncul rasa iri hati atau penuh kebencian. Jika
otak kanan menjadi dominan maka kita akan penuh rasa kasih dan mengandalkan
perasaan. Kondisi tersebut dimungkinkan dengan adanya otak tengah yang membuat
kedua otak berfungsi dengan baik dan benar.
BAB
6
PENUTUP
Otak
manusia adalah bagian dari organ manusia yang paling unik dan kompleks sehingga
ia sangat sensitif alias peka, baik terhadap berbagai gangguan maupun situasi
dan kondisi yang memengaruhi disekitarnya.
Otak
manusia memang canggih, namun akan jauh lebih canggih jika kedua belahan otak
digunakan secara seimbang. Oleh karena itu, buku ini memuat beberapa teori
dalam upaya menyeimbangkan otak anak anda.
Anak
yang mempunyai otak seimbang akan menjadi manusia super diantara orang-orang
yang hidup pada zamannya. Bahkan namanya akan dikenang dalam kurun waktu yang
cukup lama karena keberhasilannya tetap bermanfaat bagi zaman-zaman berikutnya.
Sebagai contoh, Einsten, seseorang yang terkenal berkat keberhasilannya dalam
bidang fisika. Keseimbangan otak pada anak memnag peruh dan sangat dibutuhkan,
karena hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat positif baik terhadap
intelektualitasnya maupun jaminan masa depannya.
Makanya, menyeimbangkan otak anak anda
merupakan sesuatu yang sangat penting. Dan, anda bisa melakukannya dengan
panduan buku ini.
blog ini bagus niali A+
BalasHapusthanks..,blog ini bagus :)
BalasHapusTks
BalasHapusCasinos in North Dakota – North Dakota | Mapyro
BalasHapusFind Casinos near the north Dakota casino and 포항 출장마사지 surrounding area in North Dakota. We have a variety of 세종특별자치 출장안마 slot 의왕 출장안마 machines, 군포 출장마사지 video 사천 출장안마 poker, live entertainment and a wide variety